Kurikulum Prodi Manajemen Pendidikan Islam
1. Capaian Pembelajaran Program Sarjana Manajemen Pendidikan Islam
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Cipulus Purwakarta meliputi 4 (empat) bidang capaian yaitu: Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan sesuai dengan Permenristek DIKTI nomor 44 tahun 2015.
-
- CP Sikap dan Tata Nilai
-
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
-
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
-
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
-
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
-
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
-
- Kerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
-
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
-
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
-
- Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
-
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri;
-
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
-
- Mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
-
- CP Sikap dan Tata Nilai
-
- CP Pengetahuan
-
- Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra;
-
- Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan;
-
- Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra;
-
- Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya; dan
-
- Menguasai prinsip-prinsip keislaman wahyu memandu ilmu dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
-
- CP Pengetahuan
-
- CP Keterampilan Umum
-
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
-
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
-
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
-
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
-
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
-
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
-
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
-
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;
-
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
-
- CP Keterampilan Umum
-
- CP Keterampilan Khusus
-
- Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah;
-
- Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis;
-
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta
-
- Mampu menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
-
- Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi;
-
- Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya; dan
-
- Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai keislaman wahyu memandu ilmu.
-
- CP Keterampilan Khusus
2. Profil Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Cipulus Purwakarta diharapkan dapat menjadi pendidik pemula, peneliti pemula, maupun wirausahawan di bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya yang memiliki profil sebagai berikut.
-
- Memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi, serta berkemauan keras, jujur dan bertanggung jawab sebagai bentuk unggul dan mandiri;
-
- Memiliki orientasi pada dunia kerja dengan penguasaan ilmu pendidikan, ilmu bahasa, dan ilmu sastra;
-
- Memiliki kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
-
- Memiliki jiwa wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja serta mampu berkompetisi sebagai tenaga kerja pada bidang pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Tabel
Deskripsi Profil Lulusan
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al Badar Cipulus Purwakarta
Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
pendidik pemula | Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi bahasa Indonesia yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun bahasa Indonesia. |
peneliti pemula | Pengkaji permasalahan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan. |
wirausahawan di bidang Indonesia dan pembelajarannya | Berusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan pendidikan bahasa Indonesia seperti menghasilkan bahan ajar, media pendidikan, pelaku seni, dan memanfaatkan kemampuan berbahasanya sebagai jurnalis atau penulis. |
3. Sebaran Mata Kuliah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al Badar Cipulus Purwakarta
SEMESTER I
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | UN 03001 | Bahasa Inggris | 3 |
2 | UN 03003 | Bahasa Arab | 3 |
3 | UA 03003 | Ilmu Kalam | 2 |
4 | UA 03004 | Ushul Fiqh | 2 |
5 | UA 03005 | Ulumul Hadits | 2 |
6 | UA 03006 | Ulumul Quran | 2 |
7 | NAS 03001 | Bahasa Indonesia | 3 |
8 | NAS 03002 | Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan | 3 |
9 | TAR 03001 | Ilmu Alamiah Dasar | 2 |
10 | TAR 03002 | Dasar – Dasar Pendidikan | 2 |
Jumlah | 24 |
SEMESTER II
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | UA 03007 | Aswaja Annahdliyah | 2 |
2 | UA 03008 | Wawasan Pesantren | 2 |
3 | UA 03009 | Ilmu Fiqh | 2 |
4 | UA 03010 | Akhlak Tasawuf | 2 |
5 | UA 03011 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
6 | UA 03012 | Metodologi Studi Islam | 2 |
7 | UA 03013 | Filsafat Ilmu | 2 |
8 | MPI 03001 | Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi | 2 |
9 | MPI 03002 | Perencanaan Pendidikan | 2 |
10 | MPI 03003 | Dasar – Dasar Manajemen | 2 |
11 | MPI 03004 | Manajemen Madrasah & Sekolah | 2 |
12 | TAR 03003 | Kapita Selekta Pendidikan | 2 |
Jumlah | 24 |
SEMESTER III
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | UA 03014 | Komputer | 4 |
2 | UA 03015 | Kewirausahaan | 2 |
3 | MPI 03005 | Organisasi Lembaga Pendidikan | 2 |
4 | MPI 03006 | Manajemen Pendidikan Islam | 2 |
5 | MPI 03007 | Tafsir Manajemen | 2 |
6 | MPI 03008 | Hadits Manajemen | 2 |
7 | MPI 03009 | Pengelolaan Pendidikan | 2 |
8 | MPI 03010 | Filsafat Manajemen Pendidikan | 2 |
9 | TAR 03004 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 |
10 | TAR 03005 | Psikologi Pendidikan | 2 |
11 | TAR 03006 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 |
Jumlah | 24 |
SEMESTER IV
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | MPI 03011 | Kepemimpinan Pendidikan | 2 |
2 | MPI 03012 | Etika Profesi Kependidikan | 2 |
3 | MPI 03013 | Komunikasi Pendidikan | 2 |
4 | MPI 03014 | Manajemen Berbasis Sekolah & Madrasah | 2 |
5 | MPI 03015 | Manajemen Diklat | 2 |
6 | MPI 03016 | Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran | 2 |
7 | MPI 03017 | Manajemen Peserta Didik | 2 |
8 | MPI 03018 | Manajemen Sumber Daya Manusia | 2 |
9 | NAS 03003 | Pendidikan Anti Korupsi | 3 |
10 | TAR 03007 | Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) | 2 |
11 | TAR 03008 | Bimbingan dan Konseling | 2 |
Jumlah | 23 |
SEMESTER V
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | UA 03016 | Metodologi Penelitian | 3 |
2 | UA 03017 | Statistik Pendidikan dan SPSS | 3 |
3 | MPI 03019 | SIM Pendidikan | 2 |
4 | MPI 03020 | Supervisi Pendidikan | 2 |
5 | MPI 03021 | Manajemen Konflik dan Pengambilan Keputusan | 2 |
6 | MPI 03022 | Manajemen Mutu Pendidikan | 2 |
7 | MPI 03023 | Manajemen Pembiayaan Pendidikan | 2 |
8 | MPI 03024 | Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan | 2 |
9 | MPI 03025 | Manajemen Strategik | 2 |
10 | MPI 03026 | Kebijakan Pendidikan | 2 |
Jumlah | 22 |
SEMESTER VI
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | MPI 03027 | Manajemen Pendidikan Luar Sekolah | 2 |
2 | MPI 03028 | Manajemen Perkantoran | 2 |
3 | MPI 03029 | Manajemen Perpusatakaan dan Kearsipan | 2 |
4 | MPI 003030 | Manajemen Pesantren | 2 |
5 | MPI 03031 | Manajemen Humas dan Pelayanan Publik | 2 |
6 | TAR 03009 | Micro Teaching | 2 |
Jumlah | 12 |
SEMESTER VII
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STAI Al Badar20308 | Praktik Profesi | 4 |
2 | MKU21237 | Seminar Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
3 | MKPD21206 | KKM | 2 |
Jumlah | 8 |
SEMESTER VIII
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | NU 03020 | Ujian Komprehensif | 2 |
2 | UA 03021 | Ujian Munaqasah (Skripsi) | 4 |
Jumlah | 6 |